Surfing di Tempat-tempat Idaman Berikut yang Harus Anda Coba

Bagi Anda yang menyukai olahraga air, pasti Anda memiliki keinginan untuk mencoba olahraga ekstrem yang satu ini. Berselancar atau surfing adalah olahraga ekstrem dimana Anda bisa mengendarai ombak di atas sebuah papan pipih. Namun tidak sembarang orang bisa melakukannya. Diperlukan latihan intensif dan praktek untuk bisa merasakan sensasi menaiki ombak. Tetapi latihan tersebut akan terbayar ketika Anda sudah bisa melakukannya dengan baik apalagi di lokasi-lokasi yang terkenal memiliki keindahan ombak dan panorama laut.

Berselancar merupakan olahraga ekstrem air laut yang banyak dilakukan oleh orang asing. Namun di Indonesia sendiri memiliki banyak spot berselancar yang menjadi idaman peselancar internasional maupun nasional. Kini sudah banyak warga negara Indonesia yang belajar berselancar di spot-spot indah tersebut. Bagi Anda yang ingin melakukannya untuk latihan sekaligus berwisata, berikut ini adalah beberapa spot yang bisa dijadikan lokasi selancar dengan panorama alam yang menakjubkan.

1. Nusa penida, Bali

Siapa tak kenal pulau Dewata ini, Bali memiliki kekayaan alam yang luar biasa sehingga pernah mendapatkan julukan pulau terindah di dunia. Salah satu kekayaan Bali adalah ia dikelilingi lautan yang memiliki ombak besar. Ombak inilah yang menjadi surga para peselancar baik nasional maupun internasional. Pulau Nusa penida Bali juga tempat idaman bagi mereka yang menyukai wisata diving. Pulau ini sangat cocok bagi para peselancar yang ingin berselancar dengan tenang karena belum banyak wisatawan yang mengeksplornya seperti pantai Kuta.

2. Uluwatu, Bali

Masih berada di pulau Bali, tempat selancar Uluwatu pernah menjadi spot ke tiga terbaik di dunia untuk berselancar. Di Uluwatu, ombaknya bisa dikatakan besar dan kuat. Tingginya bisa mencapai 5 hingga 8 meter. Karenanya bagi Anda yang masih belajar di tahap awal, disarankan untuk memilih spot surfing lain karena ombak di Uluwatu cukup sulit di taklukkan oleh pemula.

3. Ombak Tujuh, Sukabumi

Beralih ke wilayah lain di Indonesia, ternyata Jawa Barat juga memiliki spot selancar yang mempesona. Ombak Tujuh di Sukabumi terkenal memiliki ombak yang tinggi serta susul-menyusul sehingga sangat memanjakan peselancar yang ingin mencoba mengendarai ombak panjang. Diberi nama ombak tujuh karena konon ombak di sana selalu susul-menyusul sebanyak 7 kali dan selalu berurutan.

4. Pantai Tanjung Setiai, Lampung

Bagi Anda yang sudah berada dalam level mahir atau handal, mencoba berselancar di pantai Tanjung Setia bisa direncanakan. Pantai ini memiliki ombak terpanjang di dunia yaitu setinggi 6 hingga 7 meter dan sepanjang hingga 200 meter. Menaikinya pastinya akan sangat memacu adrenalin serta dapat mengeksplor berbagai tehnik dan gaya yang telah dikuasai.

5. Pantai Nihiwatu, Sumba Barat

Disebut-sebut sebagai surganya peselancar baik nasional hingga internasional. Anda belum mengenal spot terbaik di dunia kalau belum berselancar di sini. Saking indah dan menantangnya, peselancar rela mengantri untuk berselancar di pulau ini. Pasalnya si pemilik resort membatasi jumlah peselancar hanya maksimal 10 orang per hari untuk menjaga ketenangan dan keamanan dalam berselancar dan bermain di pantai yang indah tersebut.

Itulah spot-spot terbaik untuk melakukan olahraga surfing yang menantang sekaligus mengasyikkan. Bagi Anda yang masih belajar, disarankan memilih spot yang ringan terlebih dahulu sambil menambah keahlian berselancar. Jika dirasa sudah mumpuni, maka spot-spot tersebut bis dicoba satu per satu sebagai pengalaman berselancar mengitari pulau-pulau di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *