Mengapa Harus Takut Menikah?

Yah.. You know lah.. Anak jaman sekarang memang kebanyakan alasan untuk nggak cepet-cepet nikah. Padahal, mereka juga seneng banget pacaran tapi kalau disuruh nikah eh mundur teratur. Apasih masalahnya dengan pernikahan buat mereka kalau pacaran aja bisa, kenapa menikah malah dihindari?

Saya termasuk orang yang akhirnya merasa beruntung karena dulu gak pernah memiliki pacar. Ya.. Saya bilang akhirnya.. Karena dulu juga saya kepengen punya pacar. Alasan? Jangan tanya alasan lah, capek juga kan kalau dibilang jadi jomblo akut atau diolokin pas malam minggu karena bisanya cuma di depan laptop doank nengokin blog. Capek juga pas mau ke mana-mana tapi gak ada yang ngajakin, minimal makan penyetan di warung malam hari. Apalagi di Surabaya kan, mau pagi, siang, malem tetep rame sama kuliner-kuliner enak.

Selain itu, predikat jomblo juga bikin saya kadang malu gitu deh. Entahlah.. Segala sesuatu memang tergantung apa yang kita lihat setiap hari. Kalau pergaulan mengajarkan kita tentang pacaran dan sohib-sohibnya, akhirnya ya kepengen juga.

Jomblo sampai Nikah

Tapi, kenyataan itu akhirnya saya syukuri setelah saya menikah, selalau saya syukuri. Saya sadar, dalam sebuah hubungan diluar pernikahan, gak ada manfaatnya sedikitpun selain keburukan-keburukan yang bertambah. Kalau punya pacar, kita sibuk mikirin pacar kita yang bisa jadi itu jodohnya orang lain yang kita jagain, LOL.

Padahal, inti dari jodoh itu sebenarnya adalah tentang perbaikan diri sendiri untuk mendapatkannya. Ikhtiarnya itu seperti itu, kita deket-deket aja ke Allah, biar Allah yang milihin, bukan milih sendiri dengan kemampuan manusia yang cetek ini, sangat cetek. Jadi, jangan sok-sok’an deh nyari yang terbaik dan tersholeh atau tersholehah untuk kita, sedangkan kita sendiri masih milih pacaran buat nyarinya, sama aja bohong!

Udah.. Nikah aja


Iya.. Udah.. Nikah aja! Gak usah takut buat menikah karena urusan materi. Allah sendiri lo yang bilang kalau kita nikah bakal di-kaya-in jika kita miskin. Dan kata Allah ini memang kebukti banget, saya yang ngerasa sangat cukup dan bisa beli apapun yang saya inginkan ya.. Setelah menikah. Alhamdulillah.. Saya gak merasakan kekurangan atau ngerasa sedih karena perasaan materi yang kurang. Tentu saja, perasaan-perasaan itu timbul juga karena kita harus selalu belajar bersyukur dengan apa yang kita miliki, gak menuntut apa-apa diluar kemampuan yang kita sendiri tau sampai mana batasnya, ya kan.

Kalau kamu takut buat nikah karena alasan belum siap, lah itu pacaran siap, kenapa nikah gak siap. Kalau gak siap ya… Ngapain pacaran, putus aja!

Sekali lagi, pernikahan adalah jalan pahala yang membuka banyak kebaikan dan ketentraman. Kalau gak percaya, coba deh nikah. Udah gak usah mikirin biaya, gak sampai sejuta juga udah SAH kok hahhaa…

Guest post by Husnul Khotimah

2 thoughts on “Mengapa Harus Takut Menikah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *