Mencegah Perselingkuhan dalam Rumah Tangga


Beberapa waktu lalu sempet viral kasus perselingkuhan pasangan dokter yang selingkuh juga dengan dokter. Padahal mereka itu baru menikah beberapa bulan saja dan ternyata istrinya itu sedang hamil. Memang sih kalau ada kasus selingkuh kok yang langsung dicap jelek itu perempuan ya? Padahal berselingkuh itu sudah pasti ada kesepakatan dua orang. Gak mungkin kalau cuma satu orang aja bisa selingkuh dong, hihi.

Saya sih berdoa supaya gak pernah sampai selingkuh atau diselingkuhi. Makannya saya selalu bilang sama suami kalau memang sampai ada rasa dengan lawan jenis ya bilang aja ke saya. Mending nikah lagi dari pada diselingkuhi, serius deh. Dan sebenernya selingkuh itu bisa kok dicegah.

Jaga Pandangan

Menjaga pandangan, agar hati terjaga dari hal-hal yang kurang baik.

Dari mata turun ke hati, begitulah katanya orang bisa jatuh cinta. Maka dari itu sebagai orang yang sudah memiliki pasangan menjaga pandangan kepada lawan jenis adalah hal yang harus dilakukan. Selain karena memang dianjurkan dalam agama Islam, ini juga bisa mencegah dari perselingkuhan.

Batasi Pertemanan dengan Lawan Jenis

Membatasi pertemanan hanya dengan sesama jenis bisa memperkecil kemungkinan yang gak diinginkan

Kebanyakan kasus perselingkuhan memang terjadi di lingkungan yang banyak sekali campur baur lawan jenis. Entah itu di dunia nyata atau dunia maya, membatasi pertemanan dengan lawan jenis memang diharuskan. Saya sendiri memang menyaring pertemanan saya di sosmed hanya untuk sesama wanita. Begitu juga suami hanya berteman atau follow sesama pria. Meski gak dipungkiri tetep aja ada yang suka share gambar perempuan atau laki-laki juga di timeline sosmed. Nah kalau ini sih kembali lagi ke poin pertama untuk menjaga pandangan.

Terbuka Pada Pasangan

Saling terbuka dengan pasangan akan memudahkan kamu memecahkan masalah.

Saya sih gak tahu ya kenapa orang-orang itu bisa sampai selingkuh. Padahal terkadang selingkuhannya gak lebih cantik. Tapi namanya perbuatan haram itu selalu dihiasi dengan yang kesenangan semu jadi entah kenapa bisa saling tertarik. Komunikasi yang lancar dengan pasangan bisa saja mencegah dari perselingkuhan. Meski saya gak tahu juga sih orang-orang yang berselingkuh itu ada masalah apa gak sih sebenernya dalam hal komunikasi dengan pasangan. Tapi tetep coba untuk terbuka satu sama lain agar satu sama lain merasa nyaman.

Hindari Menceritakan Kebaikan Lawan Jenis di Depan Pasangan

Bisa saja pasangan kamu mendadak tertarik dengan kebaikan lawan jenis yang kamu ceritakan.

Ini adalah poin yang pernah baca saat saya hendak menikah dengan suami. Saya memang diberikan buku Paduan Nikah A-Z yang isinya panduan pernikahan islami. Dalam buku itu ada poin menarik. Ternyata kita dilarang untuk menceritakan kebaikan permpuan lain di depan suami kita. Karena khawatir akan menjadi fitnah. Untuk lebih jelas bisa coba baca ini. Jangan Kau Bercerita Tentang Wanita Lain

Ingatlah Allah Ta’ala

Senantiasa berdzikir agar gak memikirkan hal yang aneh-aneh.

Poin paling penting dari cara mencegah berselingkuh adalah dengan banyak berdzikir, mengingat Allah Ta’ala. Ini paling penting, ketika kita sudah takut pada Allah Ta’ala, seharusnya kita juga takut untuk merusak rumah tangga kita sendiri. Karena meski sudah menikah, berzina tetap saja bisa dilakukan jika gak lagi ingat Allah Ta’ala dan hanya mementingkan nafsu semata.

Itulah beberapa tips mencegah perselingkuhan dalam rumah tangga. Kira-kira kamu punya tips lainnya juga kah? Lengkapin yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *