Inspirasi Layanan Kesehatan di Makassar untuk Kota Lainnya di Indonesia

Makassar, kota yang menjadi kota ke lima terbesar di Indonesia ini memang memiliki banyak sekali hal yang dapat menginspirasi. Salah satunya adalah di bidang kesehatan. Pemerintah kota Makassar memang cukup banyak melakukan inovasi dalam bidang kesehatan ini. Tak heran jika kota Makassar mendapatkan penghargaan sebagai Top Inovasi Pelayanan Publik pada tahun 2016 kemarin untuk layanan Home Care Dottorota. Tak hanya itu inovasi layanan Home Care Dottorota berbasis telemedicine ini juga berhasil menembus kompetisi pelayanan publik internasional yang diselenggarakan oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa).

Layanan Home Care Dottorota ini memungkinkan warga asli Makassar untuk mendapatkan layanan kesehatan di rumahnya tanpa harus pergi ke rumah sakit (jika memang tidak butuh untuk dirujuk ke rumah sakit).

Tentunya layanan kesehatan ini cukup menguntungkan bagi para pasien yang memiliki kendala untuk dapat pergi ke rumah sakit. Dan juga mendekatkan layanan kesehatan ke pada masyarakat, sebagai bentuk tindakan preverentif dalam mencegah penyakit. Layanan Home Care Dottorota ini berupa mobil yang di dalamnya memiliki telemedicine yang terhubung langsung dengan dokter. Sehingga memungkinkan dokter untuk mendiagnosis pasian jarak jauh. Selain itu di dalam mobil Home Care ini juga didukung dengan obat-obatan dan alat medis seperti tabung oksigen.

Layanan Home Care ini juga dapat dinikmati warga selama dua puluh empat jam. Caranya pun sangat mudah, cukup dengan menelfon nomor yang tertera pada mobil Dottorota ini, maka mobil layanan Home Care akan datang.

Layanan Home Care Dottorota ini sudah mulai dijalankan pada 14 kecamatan di Kota Makassar. Dan hebatnya lagi layanan Home Care direncanakan untuk diberikan secara gratis. Tentunya ini adalah inovasi yang bagus di bidang kesehatan yang patut untuk dicontoh di kota-kota lain di Indonesia. Meski tentunya hal ini tidak lepas dari dukungan pemerintah pusat maupun daerah yang sama-sama harus memfasilitasi inovasi tersebut agar terus dapat berjalan.

Begitu juga Inspirasi 60 Tahun Astra yang juga terus membangun bangsa, turut mendukung kota Makassar sebagai kota inspiratif dalam peningkatan layanan kesehatan sebagai contoh untuk kota-kota lainnya di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *