5 Inspirasi Baju Lebaran untuk Pria

Di bulan puasa ini, rasanya nggak afdol kalau kita nggak ngomongin soal baju lebaran. Karena seringkali, nggak hanya anak-anak kecil yang suka dengan baju baru untuk menyambut hari lebaran. Melainkan, remaja dan orang dewasa pun kadang tidak ingin ketinggalan terlihat keren dan menarik di hari kemenangan tersebut.

Batik Thanos (gambar dari Kompas)

Dari waktu ke waktu, fashion terus berkembang dan berubah mengikuti zaman. Setiap tahun ada saja tren-tren tertentu yang muncul, yang kadang dipengaruhi oleh artis, film, dan hingga sesuatu yang viral.

Begitu juga dengan tahun 2018 ini, banyak bermunculan baju Muslim untuk pria yang terinspirasi dari film-film Hollywood seperti Black Panther hingga Avengers: Infinity Wars.

Walaupun tren baru bermunculan namun bukan berarti baju Muslim klasik ditinggalkan begitu saja, baju lebaran yang terkesan Islami seperti baju koko atau kemeja misalnya, kedua busana ini juga tidak pernah absen jadi pilihan baju lebaran. Karena pakaian-pakaian tersebut dianggap cocok digunakan dalam kegiatan keagamaan karena terkesan lebih religius. Sangat tepat apabila digunakan pada hari besar Islam seperti ini.

Kalau kamu berencana beli baju baru buat lebaran 2018 ini, tapi bingung mau beli yang model apa? Berikut 5 inspirasi baju lebaran untuk pria yang bisa kamu pertimbangkan.

Batik couple (motif Sidomukti)

Saya sengaja menempatkan batik couple di urutan pertama karena batik merupakan warisan budaya nenek moyang bangsa Indonesia yang tidak boleh kita lupakan. Selain karena alasan tersebut, baju batik selalu bisa bikin kita terlihat lebih sopan dan tampil lebih rapi, sehingga cocok juga digunakan untuk menyambut lebaran.

Salah satu jenis motif baju batik yang cocok untuk busana couple adalah batik Sidomukti. Motif Batik Solo ini memiliki makna “mulia dan sejahtera atau langgeng.” Sangat cocok dikenakan oleh pasangan menikah yang belum maupun sudah punya anak.

Baju koko kombinasi batik

Kalau kamu menginginkan pilihan yang lebih terlihat religius, kamu bisa mempertimbangkan baju koko yang dikombinasikan dengan motif batik. Model busana seperti ini sangat cocok untuk anak-anak muda yang masih single.
Kombinasi batik akan membuat baju koko tidak terlihat monoton atau begitu-begitu saja. Tidak seperti baju koko klasik yang dihiasi bordiran motif Islami, baju koko kombinasi batik akan terlihat unik dan keren.

Sarimbit untuk yang sudah punya anak

Bagi kamu pasangan yang sudah punya anak, kamu akan terlihat kompak kalau pakai sarimbit. Sarimbit sangat cocok digunakan untuk meramaikan lebaran bersama anggota keluarga. Model baju ini sangat cocok dikenakan pada acara-acara seperti halal bihalal atau kumpul-kumpul bersama keluarga besar.

Baju koko Black Panther

Kesuksesan Black Panther memukau para penonton di seluruh dunia juga ikut berimbas pada baju koko di Indonesia. Kok bisa?

Imbas tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah karena Chadwick Boseman yang memerankan King T’Challa terlihat sangat keren saat menggunakan baju kebesarannya yang terlihat seperti baju koko.

Di Tanah Air, baju koko Black Panther banyak diburu. Terutama yang menggunakan bordir asli dan bukan yang disablon. Perbedaan harganya lumayan besar. Walau demikian, baju koko Black Panther dengan bordir kelihatan jauh lebih keren dan elegan dibandingkan dengan yang hanya disablon saja.

Baju koko Thanos

Nggak hanya Black Panther yang menjadi inspirasi desain baju koko di tanah air. Film Avengers (Infinity Wars) yang rame di bioskop baru-baru ini–ternyata juga menjadi inspirasi pembuatan baju koko trendy dan modern lho… Modelnya yang lebih variatif, lebih berwarna, dan lebih dinamis, membuat baju koko ini lebih cocok dikenakan oleh anak-anak muda yang gaul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *