Mengenal Lebih Dekat Desa Keputih yang Berkembang Bersama Astra

Astra International (Tbk.) memiliki kontribusi besar bagi perkembangan dan kemajuan bangsa Indonesia. Melalui program Kampung Berseri Astra (KBA), Astra mendukung kampung-kampung di Indonesia untuk mengembangkan potensinya. Melalui bimbingan langsung, Astra mendampingi warga dari berbagai wilayah Indonesia untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.
Program KBA terbagi dalam 5 macam kampung yaitu kampung hijau, kampung budaya, kampung cyber, kampung produktif, dan kampung wisata. Setiap kampung dipilih berdasarkan 4 pilar CSR (corporate social responsibility) yang terdiri dari kewirausahaan, kesehatan, pendidikan, dan lingkungan. Setiap program yang diadakan mengacu pada keempat pilar CSR tersebut.

Sampai saat ini sudah ada 77 nama kampung yang terdaftar sebagai bagian dari KBA. Salah satu nama kampung yang menjadi bagian KBA adalah kampung Keputih, kecamatan Sukolilo, Surabaya. Kampung ini sudah terdaftar sebagai KBA sejak tahun 2015 silam dan sampai sekarang terus berkembang sesuai dengan potensi yang dimiliki.

Lokasi Pembuangan Sampah

Kampung Keputih merupakan bagian dari Kampung Berseri Astra yang memiliki keunikan tersendiri. Kampung ini terletak di dekat lokasi pembuangan sampah. Namun, meskipun dekat dengan pembuangan sampah, kampung ini justru dinobatkan menjadi kampung yang merdeka dari sampah. Hal ini menunjukkan bahwa warga Keputih sangat teliti mengelola sampah mereka.

Pengelolaan sampah di kampung Keputih sangat terorganisir dan ini menjadi poin plus yang dimiliki oleh kampung Keputih. Warga kampung Keputih memiliki kesadaran penuh mengenai pengelolaan sampah sehingga tak ada masalah di lingkungan mereka walaupun lokasinya dekat dengan tempat pembuangan sampah.

Munculnya Usaha Kecil Menengah

Tidak hanya mandiri mengenai pengelolaan sampah, warga kampung Keputih juga berusaha untuk mandiri secara finansial. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya usaha kecil menengah yang bermunculan. Warga Keputih berusaha untuk mengembangkan potensi yang dimiliki dan mendirikan usaha kecil sesuai dengan bidang yang diminati.

Ada beberapa jenis kegiatan usaha yang dilakukan oleh warga Keputih. Mulai dari usaha mikro, kecil, dan menengah. Banyak bidang usaha yang digeluti mulai dari usaha kecil budidaya jamur, pembuatan kerupuk, pengolahan sari kedelai, pembuatan tempe, dan lain sebagainya. Masih ada banyak lagi contoh usaha kecil yang digeluti oleh warga Keputih dan semua ini sedikit demi sedikit meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Lingkungan Sehat Kampung Keputih

Lokasi Kampung Keputih yang dekat dengan tempat pembuangan sampah tidak menjadi halangan bagi warga untuk menciptakan lingkungan hidup yang sehat. Selain dilakukan pengelolaan sampah yang tepat, ada beberapa program lainnya yang mendukung pemeliharaan lingkungan hidup kampung Keputih, salah satunya adalah pembuatan fasilitas kakus komunal.

Sebagai wujud upaya untuk membentuk lingkungan hidup yang sehat, warga Keputih melakukan penanaman tanaman toga di halaman rumah. Tanaman toga merupakan jenis tanaman yang bisa berfungsi sebagai obat dan bermanfaat untuk kesehatan. Penanaman tanaman toga ini bertujuan mewujudkan masyarakat yang sehat dengan cara yang hemat dan alami.

Warga Sejahtera Bersama Astra

Dengan adanya program dari Astra ini, warga Keputih bisa mewujudkan impian mereka untuk hidup sejahtera di lingkungan yang nyaman dan sehat. Bimbingan dari pihak Astra membantu warga untuk mengembangkan diri dan menciptakan lingkungan hidup yang hijau dan berseri. Lingkungan inilah yang nyaman ditinggali oleh semua warga mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Kampung Keputih akan terus berkembang dan semakin maju di masa depan. Apa yang diwujudkan oleh warga kampung Keputih bisa menjadi contoh bagi kampung-kampung lainnya. Diharapkan di masa depan ada lebih banyak kampung yang bisa bergabung sebagai bagian dari Kampung Berseri Astra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *