Cara Ampuh Mengobati Batu Ginjal

Meskipun sekarang sudah banyak metode mengenai cara mengobati batu ginjal baik dengan cara alami ataupun dengan cara perawatan medis, alangkah baiknya jika Anda melakukan beberapa cara untuk memastikan apakah Anda benar-benar terkena batu ginjal atau tidak. Salah satu cara untuk mengetahui gejala dari batu ginjal sendiri bisa kita lakukan dengan melakukan konsultasi kepada dokter secara langsung atau dengan merasakan gejala yang terjadi.

Apa saja gejala-gejala yang bisa terjadi ketika terkena penyakit yang satu ini? Biasanya penyebab gagal ginjal yang terjadi karena pengendapan batu kristal. Hal ini berupa kencing berwarna merah muda atau bercampur darah, rasa nyeri saat kencing, punggung terasa sakit dibagian samping, dan di bawah tulang rusuk.

Jika hal tersebut berlarut-larut dibiarkan maka akan terjadi buang air kecil secara terus menerus dan mengalami beberapa gejala seperti mual, pusing, urine berbau busuk, demam, dan lain sebagainya. Untuk kasus seperti ini Anda perlu segera memeriksakan diri kepada dokter untuk penanganan dan pengobatan secara medis.

Sebenarnya apa yang menyebabkan batu ginjal terjadi? Batu ginjal terjadi karena adanya endapan dari asam garam dan mineral yang membentuk suatu batuan kecil. Ini terjadi karena kurangnya asupan cairan yaitu kurang mengkonsumsi air minum. Selain dari pada kurang minum, batu ginjal bisa terjadi karena asupan makanan yang kurang mengandung serat.

Untuk Anda yang terkena penyakit batu ginjal bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Mengurangi Asupan Garam dan Protein

Dengan mengontrol asupan garam dan protein bisa mencegah terjadinya batu ginjal, pengaruh garam dapat meningkatkan kalsium dalam urin, sedangkan protein akan meningkatkan oksalat. Kalsium dan asam urat, protein yang terkandung dalam daging mengandung banyak sulfur yang membuat masalah semakin rumit.

2. Mengkonsumsi Makanan Berserat

Makanan seperti sayuran dapat membantu mengurangi pembentukan batu kristal pada ginjal, karena sayur ini mengandung banyak serat yang sangat baik untuk melancarkan proses pembuangan air.

Pemaparan di atas merupakan salah satu dari sekian banyak cara yang bisa lakukan untuk mencegah sekaligus menyembuhkan penyakit batu ginjal tersebut. Semoga pemaparan ini bisa membantu dan bermanfaat bagi Anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *