Bahaya Anyang-Anyangan pada Ibu Hamil

Mengapa Infeksi saluran kemih (ISK) atau yang kita kenal dengan istilah anyang-anyangan sangat umum dialami oleh ibu-ibu hamil? Alasan utamanya mengapa infeksi sering dialami oleh ibu hamil tidak lain dan tidak bukan adalah karena adanya perubahan pada saluran kemih mereka.

Perubahan yang pertama bisa terjadi karena rahim yang menekan kandung kemih, karena posisinya tepat berada di atas. Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, maka rahim pun semakin besar dan berat. Kondisi tersebut dapat menyebabkan drainase urine dan kandung kemih terblokir sehingga menyebabkan infeksi mudah terjadi.

  • Beberapa gejala yang biasanya muncul dan dialami oleh penderita anyang-anyangan antara lain:
    Sering ingin buang air kecil, biasanya berlangsung setiap beberapa menit dan jumlah urine yang dikeluarkan hanya sedikit saja.
  • Ketika buang air kecil, sensasi yang dihasilkan cukup menyakitkan, mulai dari perih hingga terasa seperti terbakar.
  • Beberapa orang mengalami rasa tidak nyaman di perut bagian bawah.
  • Apabila sudah terlalu parah, urine bisa berwarna keruh atau berwarna merah muda karena bercampur darah dan nanah.
  • Apabila sudah parah, anyang-anyangan dapat menyebabkan kita menggigil, tubuh demam, berkeringat, dan urine berbau menyengat (berbau busuk).
  • Beberapa orang bahkan bisa mengalami sakit pada punggung hingga mual dan muntah apabila bakteri tersebut sudah sampai ke ginjal.

Setidaknya ada 4 resiko komplikasi yang bisa dialami oleh ibu hamil apabila mereka tidak segera mengatasi ISK, diantaranya adalah:

  • Dampak yang pertama bisa dialami oleh bayi yang di kandung. Bayi bisa terlahir dalam kondisi BBLR atau lahir dengan berat badan rendah.
  • Potensi mengalami kematian juga bisa meningkat apabila penyakit ini tidak segera diobati. Menurut para ahli kesehatan, Infeksi saluran kemih atau anyang-anyangan pada ibu hamil dapat menyebabkan meningkatnya resiko kematian preintal. Preintal adalah istilah untuk menggambarkan waktu satu minggu atau beberapa minggu sebelum dan setelah melahirkan.
  • Dapat menyebabkan kelahiran prematur.
  • Dapat menyebabkan pielonefritis. Yang dimaksud dengan pielonefritis adalah infeksi yang dapat menyebabkan terancamnya jiwa penderita akibat munculnya jaringan parut pada ginjal. Hal tersebut bisa terjadi karena ginjal diserang oleh bakteri.
  • Selain bisa naik dari saluran kemih, sebenarnya bakteri juga bisa masuk melalui aliran darah dan kemudian sampai ke ginjal. Orang yang mengalaminya akan menunjukkan beberapa gejala berikut ini: demam, nyeri sendi mulai dari ringan hingga berat, mual, dan muntah.

Cara Mengatasi Anyang-Anyangan yang Mudah dan Sehat

Agar anyang-anyangan lebih mudah di atasi dan lebih cepat sembuh, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi obat seperti Uricran yang terbuat dari ekstrak cranberry. Obat alami ini dilengkapi dengan vitamin C danprobiotik, serta bahan-bahan lain yang bermanfaat untuk memelihara kesehatan. Bermanfaat untuk melindungi kita dari infeksi saluran kemih dan untuk mengobati infeksi saluran kemih.

Obat ini aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan anak kecil. Jadi tidak ada salahnya apabila Anda menyediakan obat ini di rumah untuk mengantisipasi atau untuk mencegah anyang-anyangan.
Menurut dr Taneya Putri Zahra, selain dengan mengkonsumsi obat, kita juga dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih, menjaga kebersihan, rajin-rajin makan buah dan sayur, serta rajin mengganti celana dalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *