4 Jenis Masalah Kulit yang Membuat Bayi Menjadi Rewel

Bayi memiliki kulit yang sensitif dan mudah terkena infeksi. Jika bayi telah mengalami masalah kulit maka bayi akan rewel sepanjang hari. Bayi akan merasa tidak nyaman untuk tidur sehingga membuat bayi Anda menjadi sakit. Anda perlu mengetahui penyakit kulit yang bisa terjadi pada bayi sebelum mengatasinya dan membawanya konsultasi dengan dokter.

1. Penyakit Kulit Intertrigo

Penyakit kulit ini terjadi dimulai dengan peradangan pada lipatan tubuh bayi. Biasanya penyakit ini terjadi pada bagian dalam paha bayi, pada lipatan ketiak, pada lipatan kaki, dan bagian perut. Ciri-ciri penyakit ini kulit bayi mulai tampak merah, gatal dan akan menimbulkan rasa sakit saat terjadi gesekan serta menyebabkan timbulnya bau busuk. Kulit menjadi retak dan berkerak.

2. Kulit Mengalami Biang keringat

Biang keringat merupakan penyakit kulit yang umum terjadi pada bayi. Biang keringat selalu timbul pada bagian leher, wajah, bokong bayi, dan punggung. Penyakit ini membuat kulit bayi menjadi kemerahan dan timbul gelembung-gelembung kecil berair. Biang keringat yang parah ini terjadi dalam waktu yang lama sehingga membuat bayi rewel.

Penyakit ini disebabkan oleh cuaca yang tidak stabil karena terlalu panas atau terlalu dingin. Bisa juga disebabkan karena kondisi kelenjar keringat pada bayi yang belum berkembang sehingga membuat keringat tertahan di balik kulit.  Penyakit ini akan berisiko lebih besar pada bayi yang saat lahir dihangatkan dengan inkubator.

3. Penyakit Seborrhea

Penyakit kulit ini merupakan sebuah peradangan yang terjadi pada kulit bagian atas. Penyakit ini menimbulkan sisik pada kulit kepala dan wajah. Terkadang juga timbul pada bagian lainnya yaitu telinga, leher, pipi, dan dada. Penyakit kulit ini banyak menyerang bayi yang berusia di bawah 6 bulan. Bentuk seborrhea seperti ketombe, sisik kuning dan juga berkerak.

4. Penyakit Eksim

Penyakit kulit ini sering terjadi pada bayi yang masih berusia 3 sampai 4 bulan dan dapat terjadi di bagian mana saja. Penyakit kulit ini merupakan sebuah penyakit peradangan hebat yang menyebabkan pembentukan lepuh atau gelembung kecil (vesikel) di kulit. Ketika gelembung ini pecah akan mengeluarkan cairan atau nanah. Kulit bayi menjadi merah dan berkerak.

Masalah kulit dapat Anda atasi dengan menggunakan cleansing cream khusus bayi yang berguna untuk memberikan kelembapan pada kulit bayi dan juga membantu meredakan iritasi. Bermanfaat juga untuk membantu mengurangi gatal-gatal pada kulit dan mengembalikan keseimbangan dan fungsi pelindung kulit bayi Anda.

Cleansing cream ini mengandung sunflower oil yang memiliki manfaat untuk menenangkan kulit serta menstimulasi pertumbuhan lipid dalam epidermis kulit bayi. Teruji secara dermatologi yang berarti aman digunakan. Anda bisa mendapatkan cream ini dengan harga promo ramadhan dengan potongan harga sampai dengan 20% di toko online Orami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *