Kenali Macam Alergi Anak

Demi kesehatan buah hati, maka tentunya Anda perlu untuk mengenali berbagai macam alergi anak sejak awal. Alergi adalah satu kondisi yang terjadi akibat dari respon tubuh yang berlebihan terhadap satu zat tertentu baik dalambentuk makanan, obat, maupun bentuk lain. Dan ternyata bahkan alergi ini bisa terjangkit oleh segala usia termasuk oleh anak-anak.

Saat anak terkena alergi anak, umumnya sistem kekebalan tubuh anak akan menurun. Karena memang alergi ini umumnya akan menyerang sistem imun anak dan menyebabkan berbagai gejala mulai dari gejala yang ringan hingga berat. Ada begitu banyak gejala yang bisa diperlihatkan dan gejala ini tergantung dari kondisi tubuh penderita alergi. Selain itu penyebabnya yang begitu banyak juga sering kali membuat masyarakat sulit untuk mengidentifikasi apa sebenarnya penyebab dari alergi yang terjadi pada buah hati Anda.

Maka sebelum memutuskan untuk melakukan penanganan pada alergi anak, tentunya Anda perlu mengenali terlebih dahulu berbagai macam alergi anak yang mungkin saja bisa timbul. Berbagai macam alergi anak yang bisa timbul diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Alergi debu

Alergi debu adalah satu macam alergi yang sangat umum terjadi pada masyarakat termasuk pada anak-anak. Padahal debu adalah satu komponen yang selau ada disekitar masyarakat dimanapun berada. Akan tetapi hal ini memang wajar apalagi mengingat bahwa pada debu terdapat jutaan bakteri san juga virus yang bisa saja menyerang buah hati Anda, apalagi untuk ukuran debu yang jarang sekali dibersihkan. Oleh karena itum rajin-rajinlah Anda mengelap berbagai perabotan di sekitar Anda termasuk juga membersihkan lingkungan Anda.

2. Alergi makanan

Alergi makanan ini juga sering sekali terjadi pada anak-anak. Alergi makanan ini bahkan sering kali memperlihatkan berbagai gejala yang cukup berat dan harus diperhatikan dengan baik seperti misalnya gatal-gatal, muntah, sakit perut, sesak nafas, dan lain sebagainya. Bahkan alergi makanan ini bisa saja menyebabkan kematian. Biasanya alergi makanan ini terjadi pada berbagai makanan tertentu seperti misalnya kacang-kacangan, telur, ikan, sea food, dan lain sebagainya.

3. Alergi hewan peliharaan

Alergi hewan peliharaan ini sering kali terjadi akibat bulu yang terbang dan mengenai anak Anda. Umumnya anak-anak bisa terkena alergi terhadap hewan seperti kucing maupun anjing, maupun berbagai hewan lain yang umumnya berbulu, gejala yang ditimbulkan umumnya adalah sesak nafas.

4. Alergi sengatan serangga

Sengatan serangga tidak hanya menimbulkan rasa sakit saja. Bahkan beberapa anak-anak juga bisa saja mengalami alergi hanya karena sengatan serangga. Alergi yang timbui akibat sengatan serangga ini bahkan bisa saja menyebabkan anafilaksis yang bahkan bisa menyebabkan kematian bila tidak mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

5. Alergi musim

Alergi ini muncul pada anak Anda bila anak Anda tidak tahan terhadap cuaca yang ekstrim, yaitu cuaca yang terlalu panas maupun cuaca yang terlalu dingin. Apalagi bila anak baru saja dalam masa peralihan musin, alergi musim ini akan sangat mungkin menyerang dengan lebih cepat. Untuk gejalanya, umumnya gejala yang timbul hampir sama dengan gejala alergi makanan.

6. Alergi obat

Alergi obat ini bisa saja terjadi pada anak. Padahal keinginan hati ingin memberikan perawatan terbaik justru bisa jadi Anda menyebabkan alergi obat ini hanya karena Anda kurang hati-hati. Umumnya obat yang digunakan untuk mengobati infeksi adalah jenis obat yang sering kali menyebabkan alergi pada anak. Maka sebelum memberikan obat pada anak, akan lebih baik bila Anda mengkonsultasikannya pada dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *